Monday, January 23, 2023

RESSUME KE-5: BLOG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN



BLOG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN



Gelombang : 28

Tanggal: 18 Januari 2022

Tema: Blog Sebagai Media Pembelajaran

Narasumber: Dail Ma'ruf,M.Pd

Moderator : Purbaniasita KS, S.Pd.

Pertemuan ke : 5


Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Salam sehat dan semangat bagi kita semua, para penggiat blog dan calon penulis yang sedang berusaha mengikuti jejak senior yang telah berhasil menerbitkan buku-bukunya yang luar biasa!

Malam ini, Rabu 18 Januari 2023 adalah pertemuan ke-5 dari kegiatan Kelas Belajar Menulis Nusantara PGRI angkatan ke 28. Materi malam ini di isi oleh seorang penulis berpengalaman, yakni Bapak Dail Ma'ruf, M.Pd, dan beliau didampingi oleh seorang moderator yang juga penuh prestasi, Ibu Purbaniasita KS, S.Pd. 

Alhamdulillah, walaupun terlambat mengikuti, tapi dengan adanya fasilitas kelas yang menggunakan Grup WA, sangat terbantu untuk menggali informasi yang sempat tertinggal. Dan akhirnya, lahirlah tulisan ini sebagai ressume saya yang ke-5 dalam kegiatan KBMN angkatan 28 ini.

Pak Dail menyampaikan materi dengan penuh semangat, terbukti dengan antusias peserta yang mengikuti dan mengajukan pertanyaan yang sangat beragam. Beliau membawakan tema "Blog sebagai Media Pembelajaran". Materi ini sangat saya tunggu-tunggu, karena selama ini memberikan materi pembelajaran hanya melalui media presentasi atau materi dari buku cetak, mungkin kalau ada literasi dari internet adalah blog atau situs-situs milik orang lain, bukan milik saya sendiri.

Dengan adanya materi malam ini, saya semakin termotivasi meningkatkan aktifitas saya menggunakan blog, sehingga akhirnya dapat menjadi salah satu sumber belajar atau media kegiatan belajar di kelas maupun di rumah bagi siswa yang menjadi peserta pembelajaran mata pelajaran yang saya ampu. Apalagi mata pelajaran saya masih terkait erat dengan dunia teknologi informasi. Sungguh malu rasanya, bila masih menggunakan sumber atau media pembelajaran bukan dari situs atau blog milik sendiri.

Adapun untuk manfaat penggunaan blog sebagai media pembelajaran, seperti yang disampaikan oleh Pak Dail Ma'ruf antara lain:

Manfaat pertama blog bagi pendidikan adalah sebagai rumah belajar, guru biasanya ketika malam hari telah lelah berbicara, namun ada segudang ide, dan rasa yang masih ingin dicurahkan, maka blog sebagai sarana untuk berbicara dalam diam.

Manfaat kedua blog dalam dunia pendidikan adalah meringankan tugas dan beban guru, karena bisa digunakan publikasi bahan ajar dan dapat digunakan oleh peserta didik yanglebih paham belajar dengan cara membaca.

Manfaat ketiga blog bagi peserta didik, karena materi ajar yang diringkas akan menyemangati peserta didik dalam belajar.

Manfaat keempat blog bagi pendidikan sesuai dengan slogan rumah belajar yaitu belajar dimana saja, dengan blog peserta didik dapat belajar dimana saja.

Manfaat kelima blog bagi pendidikan adalah menjalin silahturahmi dengan semua teman di berbagai tempat.
 

Demikian banyaknya manfaat yang dapat dimaksimalkan dalam penggunaan blog sebagai media pembelajaran, sehingga sangat disayangkan apabila kita tidak menggunakannya dengan baik.

Sebagai ungkapan terima kasih saya kepada Pak Dail Ma'ruf yang telah membangkitkan semangat saya dalam meningkatkan penggunaan blog sebagai media pembelajaran, maka saya akan berusaha mengisi blog saya ini dengan mencoba sedikit-demi sedikit untuk menempatkan hal-hal yang terkait dengan kegiatan belajar, khususnya di mulai dari materi, sumber ajar, media dan mungkin informasi nilai dan lainnya yang relevan dengan kegiatan belajar mengajar.

Demikian ressume singkat saya untuk materi KBMN pada pertemuan ke 5 ini, semoga bermanfaat khususnya untuk diri saya pribadi, dan juga untuk yang ingin mengembangkan penggunaan blog sebagai media pembelajaran.

No comments: