Sunday, January 15, 2023

Gali Potensi Ukir Prestasi, Ajak Bu Aam Nurhasanah

 


Resume         : ke-3 , Gelombang ke-28

Tema             : Gali Potensi Ukir Prestasi

Narasumber  : Aam Nurhasanah S.Pd

Moderator     : Arofiah Afifi .S.Pd

Hari /tanggal : Jum'at , 13 Januari 2023


Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Salam hormat dan salam semangat untuk pembaca semuanya, semoga selalu diberikan karunia Sehat dan keberkahan umur dan rezekinya, aamiin.

Melanjutkan perjuangan untuk belajar menulis ini, tidak terasa sudah masuk ke pertemuan ke 3, di mana pada hari Jum'at malam ini di isi oleh Mentor hebat yang sudah punya pengalaman segudang. Beliau adalah  Ibu Aam Nurhasanah, S.Pd. Tidak sendirian, beliau didampingi oleh Ibu Arofiah Afifi, S.Pd, sebagai moderator yang membuat penyampaian materi malam itu dapat mudah diterima dan dicerna.

Bu Aam, demikian beliau biasa dipanggil memulai materi dengan judul: Gali Potensi Ukir Prestasi ini dengan berkisah bahwa beliau juga tidak pernah menyangka akan menjadi penulis seperti saat ini. Bu Aam memulai menulis dengan hal-hal sederhana yang ia alami atau yang beliau sukai terlebih dahulu. Lambat laun dengan berjalannya waktu, keterampilan menulis semakin berkembang dan akhirnya telah membuahkan banyak karya terbitnya beberapa buku beliau, yang beraneka judul.

Sebagai penulis pemula pada umumnya,  Bu Aam juga pernah mengalami kendala secara psikis. Untuk memulai menulis, ia merasakan kurang pede, merasa jelek tulisannya, takut kalau dibully, penuh keraguan dan perasaan-perasaan aneh yang timbul dalam diri. Karena kendala psikis, Bu Aam hanya menyimpan naskah tulisannya dan membiarkan ide itu menguap dan terbang bebas hingga berlalu begitu saja.

Melanjutkan kisahnya,  Bu Aam pernah tidak lulus saat pelatihan menulis gelombang ke-8. Sempat jatuh, tapi Bu Aam selalu memompa semangat dalam diri hingga ia ikut kembali gelombang lainnya dan bisa lulus pada gelombang ke-12. Pantang menyerah dan meyakinkan diri, bahwa kita pasti bisa asal berusaha dan percaya diri. Dengan tauladan pantang menyerah dari Bu Aam ini, semoga kita para peserta dan khususnya saya yang sedang memulai sesuatu yang sangat luar biasa rintangannya ini, dapat lebih bersemangat dan semakin berani mencoba dan menorehkan kata-kata yang lahir dari hati dan pikiran apa adanya seorang penulis awam atau pemula.

Tentunya, selain sebagai penulis, saat ini Bu Aam yang juga terinspirasi dari Bu Kanjeng ini juga sebagai tim Solid, yang membimbing penulis pemula yang minim pengalaman dalam hal menulis dalam wadah KBMN. 

Demikian sedikit yang dapat saya sarikan dari materi pertemuan ke-3 KBMN 28 ini, semoga ada manfaatnya untuk pembaca dan khususnya untuk diri saya sendiri yang sedang mencoba menggali kemampuan dalam hal menulis. Terima kasih atas kepercayaan dan bimbingannya Bu Aam, dan tentunya juga Bu Kanjeng dan Om Jay yang telah memberikan materi pada pertemuan terdahulu.


No comments: