Monday, January 9, 2023

Belajar Menulis dari Om Jay

 


   Kumandang Tulisan Om Jay



Judul                : Kumandang Tulisan Om Jay

Resume ke        : 1

Tanggal            : 9 Januari 2023

Tema                : Menulis Setiap hari

Narasumber      : Dr. Wijaya Kusumah, M.Pd.

Moderator         : Dail Ma'ruf, M.Pd.






Hari yang kami tunggu beberapa minggu yang lalu, akhirnya tiba juga. Malam ini, walaupun sempat dihalangi rasa kantuk yang luar biasa, imbas kegiatan siang hari yang full mengajar, sehingga tidak ada waktu untuk mengistirahatkan badan, akhirnya bisa mengikuti tahap demi tahap pembelajaran menulis yang diberikan oleh Om Jay melalui WA Grup KBMN angkatan ke 28. Pertemuan malam ini dimulai oleh Pak Dail Ma'ruf, dengan memberikan salam pembuka dan motivasi yang luar biasa, karena beliau bertindak sebagai Moderator kegiatan pertama ini. 

Pesan pertama dari Om Jay untuk kami adalah, menulislah setiap hari, maka kamu akan melihat keajaibannya yang akan terjadi. Semangat ini menjadi sumber arus yang sangat kuat kepada diri saya, untuk memulai langkah awal dalam kegiatan KBMN angakatan ke 28 ini, di mana semalam belum terbayang harus memulai menulis dari mana, menulis apa, dengan cara bagaimana?

Pagi ini, saya mulai dengan membuka web blog Blogspot.com, dan luar biasa, tanpa bersusah payah untuk mempelajari dari awal cara membuat blog, ternyata saya sudah disuguhkan blog usang yang sempat terbengkalai tanpa sentuhan, dari akun Google yang sedang saya pergunakan saat memulai kegiatan browsing ini. Dengan sedikit terbata-bata, karena sudah sangat lama tidak menulis di blog, saya mencoba menyesuaikan beberapa hal, diantaranya Thema. Saya memilih thema yang mendekati kegiatan seharian saya sebagai Guru Komputer, atau lebih tepatnya Guru yang mengajar mata pelajaran yang terkait dengan Komputer dan Internet.

Setelah berusaha menata hati dan pikiran, akhirnya saya menetapkan tema, selanjutnya saya mulai menyiapkan template untuk membuat sebuah posting pertama, untuk memuat ressume hari pertama dalam kegiatan KBMN 28 ini. Dan akhirnya, lahirlah tulisan pertama saya di tahun 2023, berupa sebuah ressume dengan menyarikan materi yang disampaikan oleh Om Jay sebagai pemateri pertama dan utama dalam kegiatan KBMN 28 ini.

Selanjutnya, saya catat pesan om Jay berikutnya adalah "Rahasia bisa menulis setiap hari adalah membaca tulisan orang lain". Menurut saya, dengan banyak membaca tulisan orang lain, akan menimbulkan inspirasi atau ide kepada kita untuk memulai sebuah tulisan baru, di saat kita mengalami kendala dalam menuangkan isi pemikiran ke bentuk tulisan. Saya merasa, nasehat Om Jay ini banyak benarnya, karena saya sudah mengalami kehilangan ide dan semangat menulis sampai beberapa tahun belakangan ini, hingga akhirnya mulai timbul kembali setelah bertemu dengan Om Jay Dkk dalam kegiatan hebat ini. Luar biasa membuat saya begitu bersemangat, sehingga, dalam sehari rasanya bisa membuat lebih dari 1 postingan. Walaupun akhirnya, sedikit saya rem, agar tidak mengalami macet di jalan, alias stagnan.. hehehe..